Jamu Kunyit Asam Untuk Program Hamil

Jamu Kunyit Asam Untuk Program Hamil

Wanita, 26 tahun.
Siang dokter Saya mau bertanya bolehkah wanita yang mau merencanakan kehamilan atau program hamil meminum jamu kunyit asam, tapi saya ragu banyak orang bilang kalau minum jamu kunyit asam bikin rahim kering Apakah itu benar fakta atau mitos terima kasih Tolong dijawab ya dokter

Dijawab Oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Apakah jamu tersebut Anda beli atau Anda racik sendiri? Pada dasarnya banyak sekali produk produk yang beredar dipasaran yang tidak memiliki lisensi BPOM dan diproduksi dengan sembarangan. Anda sebaiknya teliti sebelum membeli.

Kami sebagai dokter tidak anti dengan jamu maupun herbal namun kami menyarankan Anda agar lebih selektif dalam mengonsumsi minuman herbal atau jamu.

Tidak jarang ditemukan jamu – jamuan yang mengandung steroid yang emiliki banyak efek negatif dikemudian hari. Oleh karena itu silakan pertimbangkan kembali pengkonsumsian jamu – jamuan serta teliti betul kandungannya.

Usaha-usaha yang dapat Anda lakukan dalam memperoleh keturunan
diantaranya adalah dengan melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur Anda. Masa subur adalah masa di mana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur).

Untuk mengetahui kapan masa subur, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi Anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari.

Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu.

Di samping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan bagi Anda dan suami adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga.

Perlu juga diperhatikan:

Hentikan segala kegiatan yang kurang baik. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkoholHindari juga konsumsi obat- obatan termasuk yang dijual bebas.

Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Apabila setelah satu tahun melakukan hubungan intim secara teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi kehamilan belum juga terjadi, perlu dicari penyebab yang mendasari baik dari pihak Anda maupun suami.

Anda dapat menjalani pemeriksaan hormonal, USG rahim, atau HSG. Untuk suami, dapat dilakukan pemeriksaan analisa sperma baik secara kualitas maupun kuantitas.

Apabila ditemukan adanya kelainan agar dapat segera ditatalaksana sesuai penyebabnya. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda dan suami berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan (untuk istri) dan dokter spesialis andrologi (untuk suami) untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi
ini bermanfaat bagi Anda.

Baca selengkapnya di ……klik dokter

 

Author: wanitaimpian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *