AGAR ANAK TIDAK MENGOMPOL LAGI

AGAR ANAK TIDAK MENGOMPOL LAGI

Mengompol lagi…lagi…lagi mengompol hingga tempat tidur ( kamar ) menjadi pesing tak karuan baunya. Hal ini bisa saja terjadi pada keluarga kita karena ulah anak yang selalu mengompol.

Mungkin tak jadi masalah bagi bayi atau anak batita karena hal itu bisa disiasati dengan menggunakan popok yang bisa menampung cairan yang sekarang banyak di jual di pasaran.

Tapi bagaimana bila ngompol terjadi pada anak diatas 3 tahun ? tentu hal ini menjadi masalah bagi orang tuanya bahkan keluarganya, bisa saja terganggu karena bau pesing di tempat tidur, atau olokan sang kakak kepada adiknya sehingga dapat membuat adik marah.

Sebagai seorang ibu kita harus bijaksanan meredam masalah ini dengan harus mengetahui mengapa anak sebesar itu masih saja mengompol.

Sebenarnya anak mengompol bisa di sebabkan beberapa hal seperti diantaranya : kecapekan karena berlari-lari sepanjang hari, karena stress akibat selalu di marahi karena mengompol, karena ada gangguan pada alat kelaminnya dll

Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa mengatasi anak mengompol berulang :

1.     biasakanlah BAK ( buang air kecil ) sebelum tidur, jangan membiasakan anak tertidur dengan sendirinya akibat kecapaian beraktifitas dengan kaki yang masih kotor dan gigi yang belum di sikat, bila hal terjadi segera bangunkan anak atau angkat anak ke kamar mandi kemudian katakana segeralah pipis.

2.     bila pada poin no 1 sudah dilakukan dan anak masih saja ngompol berarti ibu harus melakukannya lagi. Membangunkan anak 2 atau 3 kali dalam semalan untuk BAK di kamar mandi.Memang cukup melelahkan, tapi percayalah bila  beberapa hari ini dilakukan anak akan menjadi terbiasa dan anak akan bangun dengan sendirinya untuk BAK di kamar mandi.

3.     Lipat perlak yang biasa di jadikan pengaman agar ngompol anak tak tembus ke kasur, karena hal ini sebenarnya mensugesti anak untuk tetap BAK di tempat tidur karena adanya perlak sebagai pengaman.

4.     ingatkan anak untuk tidak berlari berlebihan hingga kelelahan yang bisa mengakibatkan ngompol berlebihan.

5.     bila semua cara diatas sudah dilakukan dan anak masih saja tetap BAK di tempat tidur sebaiknya ibu segera berkonsultasi dengan dokter keluarga atau dokter anak untuk mengetahi penyebab anak selalu mengompol sehingga bila ada gangguan di alat kelaminnya bisa segera di atasi sedini mungkin

Selamat mempraktekkan semoga berhasil.

***

 

Author: wanitaimpian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *